Helm Cerdas dan Canggih yang Tidak Akan Membuat Para Rider Tersesat

Oto n Tips ~ Konsep perangkat pintar semakin meluas saja. Setelah kehadiran jam tangan pintar, gelang pintar, kacamata pintar, alat pancing pintar, kini muncul juga helm pintar. Smart Helmet adalah konsep yang sebenarnya sudah mulai dirancang semenjak tahun lalu. Dan salah satu pionir yang memperkenalkan konsep helm cerdas ini adalah Skully. Perusahaan ini menghadirkan sebuah helm canggih yang disebut dengan Skully AR-1. Inilah produk helm tercanggih yang pernah ada dan bisa digunakan oleh para pengendara motor.

Skully AR-1 sendiri datang dengan konsep desain helm full face yang gagah dengan balutan warna hitamnya. Bentuk helm pintar yang satu ini juga akan membuat penggunanya terasa lebih bergaya dan terlihat jantan. Lantas, apa saja yang tersemat dalam helm pintar ini? Mengapa helm pintar ini begitu istimewa?

Helm canggih bernama Skully AR-1 bisa dibilang memiliki keunggulan dibandingkan dengan helm biasa. Keunggulannya tidak hanya semata-mata untuk melindungi para rider ketika mengendarai motor tetapi lebih dari itu. Helm pintar ini mampu membantu pengguna untuk melacak jalan, menerima pemberitahuan, dan banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kemampuan yang dimiliki oleh helm pintar yang satu ini.


SEBAGAI PENUNJUK ARAH


Seperti yang sudah disebutkan, helm pintar Skully AR-1 ini telah dibekali kemampuan untuk menampilkan jalan atau arah tujuan. Sistem pemberitahuan ini berasal dari teknologi GPS yang akan menampilkan informasi lewat kaca helm atau Skully menyebutnya sebagai Heads Up Display (HUD). Berkat hadirnya GPS ini, pengendara juga tidak perlu melirik ke arah manapun karena segala informasi jalanan sudah dihadirkan lewat tampilan teknologi GPS langsung di depan mata, termasuk informasi tempat pengisian bahan bakar mesin terdekat.

SEBAGAI PEMANTAU ARAH BELAKANG


Pengendara juga tidak pelru berhenti terlebih dahulu atau menengok ke arah belakang untuk melihat keadaan. Di helem helm pintar Skully AR-1 ini sudah tersemat kamera yang memiliki sudut hingga 180 derajat. Hadirnya kamera ini tentu saja membuat pengendara bisa memantau terus arah belakang tanpa melirik spion atau menoleh arah belakang.

MENERIMA PANGGILAN TELEPON

Skully AR-1 adalah helm pintar yang didukung dengan kemampuan menerima panggilan telepon. Fitur ini akan berjalan dengan cara menghubungkan helm cerdas ini dengan smartphone lewat konektivitas Bluetooth. Menariknya, sebelum para pengedara menerima telepon, akan ada pembeitahuan terlebih dahulu di HUD tentang siapa yang menelepon. Pengendara tentu bisa menerima panggilan jika memang penting dan mengabaikannya jika tidak terlalu penting dan lebih memilih kemanana perjalanan.

MEMAINKAN MUSIK

Para pengendara tidak perlu lagi memasang headset yang terhubung dengan smartphone untuk hanya sekadar mengengarkan musik ketika menggunakan Skully AR-1. Pasalnya, helm pintar yang satu ini mampu memainkan musik yang disuka. Ini berati penggunaan helm ini juga bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan hiburan selama perjalanan.

MENERIMA PERINTAH SUARA

Helm pintar ini mendukung perintah suara. Artinya, pengendara bisa menyuruh helm ini untuk mengaktifkan berbagai fiturnya. Hal ini tentu saja lebih praktis dibandingkan navigasi menggunakan tangan yang tentu saja akan berbahaya. Sayangnya, fitur perintah suara ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa kemampuan helm pintar Skully AR-1 ini. Selain kemampuan-kemampuan yang tergolong luar biasa tersebut, helm ini tetaplah helm yang didesain untuk keamanan pengguna. Tidak perlu takut dengan ketahanannya karena helm cerdas ini sudah kokoh dan kuat. Durabilitasnya ini sudah dibuktikan dengan adanya sertifikasi keamanan DOT/ECE. Selain itu, pengendara tidak perlu takut dengan waktu nyala helm ini. Skully AR-1 telah dilengkapi dengan baterai yang akan membuat helm menyala hingga 9 jam lamanya.

Secara keseluruhan, helm pintar ini sangat menarik. Sayangnya, helm ini masih belum tersedia di pasaran. Helm ini masih dalam tahap pengembangan. Dalam prosesnya pun, Skully AR-1  harus mengumpulkan dana produksi lewat situs crowd funding IndiGoGo. Perlu diingat, ketika dipasarkan helm ini tidak akan dibanderol dengan harga murah. Helm ini rencananya akan dijual seharga US$1.399 atau sekitar Rp16-17 juta. Untuk lebih jelas tentang helm ini, mari simak video tentang Skully AR-1 ini di video berikut ini.


Posting Komentar untuk "Helm Cerdas dan Canggih yang Tidak Akan Membuat Para Rider Tersesat"